Cari di Blog ini


Home Hubungi Saya
2009-08-21

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Pra-Dasar UNISRI Surakarta Hari ke-2  

 

Berikut rangkuman acara kegiatan LKMM tingkat Pra-dasar yang diadakan UNISRI Surakarta pada tanggal 15 Agustus.

07.00-07.30: Presensi

07.30-09.00: Materi sifat kritis dari ibu Anita Trisiana, SPd, MH.

Kritis adalah tidak lekas percaya, berusaha menemukan kesalahan/kekeliruan, dan tajam dalam menganalisis.

Ciri-ciri Ilmuwan: Kritis, Terbuka, Sistematis(relevan/sepadan), dan komprehensif(integral)

Sifat kritis seseorang ditentukan oleh: persepsi, wawasan, pengetahuan.

Persepsi adalah Tanggapan(penerimaan) langsung dari suatu serapan, atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca indera atau pandangan/pemahaman terhadap suatu hal. Persepsi orang dapat berbeda, belum tentu benar, bisa mempengaruhi perilaku atau persepsi orang dapat menyebabkan perbedaan pendapat.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memecahkan masalah;

1. mengetahui masalah yang akan dipecahkan

2. Ada minat untuk pemecahan masalah

3. memahami tujuan pemecahan masalah

4. menncari kemungkinan pemecahan masalah (alternatif pemecahannya)

09.00-10.45: materi visi misi UNISRI oleh ibu rektor, Kapti rahayu

Arah pengembangan pendidikan tinggi: Rai-se/L-raise, yaitu:

1. Relevance

2. Academic Athmosphere

3. Institusoinal Management

4. Sustainability

5. Efficiency

6. Kepemimpinan

Paradigma baru pengelolaan Perguruan tinggi: kualitas, otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi

Paradigma penataan sistem perguruan tinggi:

1. hasil dan kinerja Perguruan Tinggi harus mengacu pada kualitas yang berkelanjutan

2. kualitas berkelanjutan, dilandasi kreativitas, ingeruitas, dan produktivitas sivitas akademik dapat dirancang dengan pola manajemen yang berasaskan otonomi

3. Otonomi perguruan tinggi harus senafas dengan akuntabilitas/ pertanggungjawaban

10.45-12.00: materi pengenalan diri oleh bapak Buddy Rianto

A. Pengenalan Diri

1. Pemahaman diri(Potensi dan Kelemahan)

Kita harus tahu siapakah aku, bila kita sudah tahu, maka kita juga kan bisa memahami orang lain.

Cara memahami diri;

- identifikasi potensi pribadi dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap

- identifikasi kelemahan dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap

- mencari solusi atas kelemahan yang telah diidentifikasi

- secara berkala mengadakan penilaan diri dan mendorong untuk perubahan

2. Pemahaman Fakultas/Program studi

memahami profil program studi, profil lulusan program studi, sistem SKS & IPK, sistem pembiayaan, dan konsekuensi sebagai mahasiswa

3. Pemahaman pola pembelajaran di perguruan tinggi

memahami metode SCL, Praktikum, magang, kkn, magang, evaluasi pembelajaran, tugas akhir, dan skripsi

B. pengembangan Diri

agar sukses dalam perkuliahan, maka setelah memahami diri (potensi dan kelemahan), memahami program studi serta memahami pola pembelajaran di UNISRI, kita harus memiliki komitmen, konsekuensi, serta konsistensi untuk mengembangkan diri

KECAKAPAN PRIBADI DAN KETERAMPILAN SOSIAL

- Adaptabilitas: bersedia menghadapi perubahan

- Percaya diri: percaya pada kemampuan yang dimiliki

- Kendali diri: mampu mengolah emosi dan tidak detensif

- Sifat dapat dipercaya: memelihara kejujuran dan integritas

- Minat: peduli pada orang disekitarnya

- Empati: memahami orang lain

Pukul 13.00-16.00: materi pola pikr prestatif dan keterampilan berkomunikasi

Mau diapakan?

Anda dapat pula menandai artikel ini dengan layanan berikut:

Artikel yang berhubungan!