Cari di Blog ini


Home Hubungi Saya
2009-07-24

Gerhana Matahari Terlama Abad Ini



···Kita semua tahu bahwa tahun lalu, Bumi kita juga mengalami gerhana matahari total yang berlangsung selama lebih dari 2 menit (kurang lebih 2 menit 27 detik). Gerhana Matahari ini sangat penting bagi dunia sains karena kita semua masih harus meneliti keadaan matahari. Namun, hari selasa pukul 23.58 GMT atau pukul 06.58 WIB terjadilah gerhana matahari yang berlangsung sekitar 6 menit 39 detik dan sebagai yang terlama abad ini. Siklus pengulangan terjadinya gerhana matahari yang sangat lama ini adalah setiap 123 tahun, artinya 123 tahun yang akan datang (2122) akan terjadi lagi.

···Dalam mitologi agama Hindhu, menceritakan bahwa sewaktu gerhana matahari berlangsung, ada terdapat 2 setan yaitu Rahu dan Ketu, keduanya menyedot sinar pancaran matahari sehingga siang yang terang benderang menjadi gelap gulita. Dan juga diceritakan bahwa keduanya menyedot cahaya kehidupan, akibatnya bahan makanan tak bisa dimakan dan air minum tak bisa diminum. Lalu apa yang mereka lakukan, kebanyakan pemeluk agama hindu dan buddha melakukan meditasi ataupun mandi disungai suci dan berdoa semoga Sang Maha Kuasa mengusir kedua setan tersebut. Di sungai-sungai suci seperti Sungai Gangga, banyak orang mandi atau berendam. Menurut mitologi ini pula, wanita hamil dihimbau agar tidak keluar rumah agar janin mereka terhindar dari kelainan atau cacat gitu. Banyak pula yang mengartikan mitologi tersebut dengan bom-bom yang terjadi, utamanya di Mumbai, karena Gerhana Bulan dapat memicu seseorang melakukan kegiatan yang menyimpang, termasuk membom namun, para astronom tak begitu meyakini mitos tersebut. Tidak hanya agama tersebut namun, pemeluk-pemeluk agama islam melaksanakan ibadah sholat gerhana dan memperbanyak dzikir dan doa-doa. Karena begitulah sabda nabi Muhammad SAW.

···Kembali ke topik kita masalah gerhana terlama, Gerhana ini pertama kali akan muncul di sebelah Barat, sekitar Rabu dinihari di Teluk Khambat, India lalu menuju kota di India lainnya, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, China lalu di kepulauan Pasific yang diakhiri di pulau nikumaroro, Kiribat pada pukul 05.12 GMTi. Jadi, ada ratusan juta orang yang akan melihat dan mengalami momen berharga, Eitzzz jangan lupa memakai pelindung atau pengaman. Bahkan, siswa TK di Shanghai berbondong-bondong ke halaman sekolah dengan kacamata pelindung. Seru sekali!!!!!

···Gerhana matahari ini adalah juga yang terpanjang (jadi bukan hanya terlama), yaitu sepanjang lebih dari 250 km atau 155 mile. Pastinya, Gerhana matahari ini akan mampir di Indonesia meliputi wilayah Aceh dan sabang pada pukul 07.15 WIB dengan puncak 07.59 dan berakhir 08.45 dan juga di wilayah Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan bagian Utara, Maluku bagian utara dan terakhir di papua dan Jayapura pukul 11.12 WITA. Di Indonesia, persentase ketertutupan piringan matahari yang menutupi piringan Bulan sebesar 29,70 % saja dan merupakan Gerhana Matahari Sebagian.


Mau diapakan?

Anda dapat pula menandai artikel ini dengan layanan berikut:

Artikel yang berhubungan!



0 komentar: to “