Cari di Blog ini


Home Hubungi Saya
2009-08-18

UPACARA PERINGATAN RI DI BAWAH LAUT  

 

17 Agustus 2009 ini adalah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64. Salah satu cara yang dilakukan untuk merayakannya adalah dengan mengadakan upacara peringatan di bawah laut. Ini merupakan event-event spesial yang mana baru pertama kali diadakan didunia.

 

Malalayang, 17 Agustus 2009

2486 orang telah berhasil mengadakan penyelaman massal yang memang juga ditujukan untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia. Jumlah ini memecahkan rekor dunia dengan kategori jumlah penyelam massal terbanyak di dunia.

Sungguh luar biasa kali ini, kedalaman penyelaman berkisar di 17 meter di bawah permukaan laut. Semua peserta upacara memakai baju selam dan dilengkapi pula alat komunikasi agar inspektur upacara dapat memberi aba-aba. Acara ini khususnya ditujukan agar masyarakat Indonesia semua ini dapat mencintai laut Indonesia yang sangat indah ini, apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Upacara bawah laut yang unik ini, diikuti orang luar negeri dari 23 negara. juga hadir pula marinir-marinir asing serta mahsiswa dari Manado dan beberapa klub selam yang ada di Indonesia ini serta Angkatan darat, Angkatan Laut, Angkatan Darat, Kepolisian Republik Indonesia, maupun masyarakat umum. Selain peserta, ada juga tujih pejabat dan 19 tim setting area yang disiagakan di bawah laut.

Hari itu warga berbondong-bondong melihat aksi penyelaman tersebut serta banyak dari televisi lokal yang meliput secara langsung event bersejarah tersebut. Menurut, Lucia Sinigagliesi yang memang datang dari Inggris, selaku jri Guinnes World Record, event ini berhasil dan sesuai dengan harapannya.

Acara kali ini diadakan di pantai Malalayang yang berbatasan dengan taman laut Bunaken karena tidak ingin merusak terumbu karang maupun ekosistem di Bunaken. Bertindak sebgai inspektur upacara adalah wakil kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Moeklas Sidik, dan komandan upacra Kadispenal , Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul. Upacara ini berlangsung selama 30 menit. Dimulai pukul 10.00 WITA sampai 10.30 WITA.

NAD, 17 Agustus 2009

Meski tidak memecahkan rekor dunia, upacara bawah laut di NAD tetap dilakukan secara sederhana. Namun, acara ini sukses, maknanya adalah sama yaitu untuk memperingati HUT RI ke-64. Kebanyakan dari mereka adalah penyelam dan mahasiswa Universitas Syah Kuala. Acara ini diselenggarakan di lepas pantai NAD, dan dikedalaman sekitar 7 meter.

Mau diapakan?

Anda dapat pula menandai artikel ini dengan layanan berikut:

Artikel yang berhubungan!